KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

POLITEKNIK NEGERI MALANG

KELAS JTD 2A, 2B, 2C, 2D


Thursday, May 7, 2020

JTD 2A / 11 / Irma Dyah Alfianti / 1841160040


Pabrik Rokok ARES ditengah Pandemi Covid-19

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Disini saya akan menjelaskan hasil Analisa saya mengenai tempat-tempat dilingkungan sekitar rumah saya. Di daerah sekitar rumah saya terdapat sebuah pabrik rokok bernama PR. Sejahtera Abadi (ARES) yang terletak di Jalan Industri Wendit Barat Mangliawan Pakis Kabupaten Malang.

Pabrik rokok ini sudah berdiri lama jauh sebelum saya lahir. Dan baru-baru ini dunia sedang resah dengan adanya virus covid-19 terlebih lagi dengan adanya berita tentang penyebaran virus covid-19 yang terjadi di dalam sebuah pabrik rokok terkenal di Kota Surabaya.

Pada pabrik rokok di dekat rumah saya ini,yang saya tau mempunyai banyak pegawai atau buruh yang berasal dari luar Kota Malang, seperti Pasuruan, Surabaya, dan lain-lain. Karena masih termasuk wilayah desa saya, beberapa hari yang lalu kepala desa kami mengadakan penyuluhan ke tempat pabrik rokok tersebut yang bertujuan untuk menjelaskan tentang virus covid-19 itu sendiri, penyuluhan tentang bagaimana cara menanggulanginya dan masih banyak lagi. Masyarakat setempat yang awalnya was-was karena banyak pegawai/buruh yang berasal dari luar Kota Malang khususnya daerah yang bisa kita kenal sebagai Red-Zone akhirnya dapat sedikit lega karena pemerintah daerah kabupaten malang memberikan perhatian khusus terhadap warganya.

Para pegawai/buruh ini pun juga tetap bekerja seperti biasanya, karena jika tidak mencari penghasilan, mereka dan keluarga mereka tidak akan bisa menghidupi kebutuhan hidupnya. Dan petinggi di pabrik pun juga sangat perhatian kepada pekerjanya. Dengan seminggu sekali para petinggi pabrik memberikan masker dan juga hand sanitizer kepada pegawai/buruhnya. Walaupun dengan adanya wabah virus covid-19 ini membuat perekonomian di Indonesia melemah, tetapi para petinggi di pabrik rokok ares ini tetap berusaha memperhatikan pegawai-pegawai/buruh-buruhnya.

Sekian Analisa dari saya, jika ada kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

Nama : Irma Dyah Alfianti

JTD2A / 11 / 1841160040

Jalan Industri Wendit Barat Gg 4 No.75 Mangliawan Pakis Kab. Malang

7°57'09.0"S 112°40'04.4"E

 

 

No comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH